Website dijaman sekarang ini sudahlah tidak tabu lagi di dengar di telinga kita. Akan tetapi banyak orang tidak tahu apa itu website. Jika anda membuka browser di smartphone ataupun di di computer anda akan mengunjungi website.

Adapun website yang sudah terkenal yang sering kita dengar dan buka di browser seperti Google, Facebook, Twitter, Tokopedia, Shopee dan masih banyak lainnya.

Jadi di artikel ini kami akan membahas

  1. Pengertian website
  2. Sejarah website
  3. Unsur-unsur website
  4. Jenis-jenis website
  5. Manfaat website

Pengertian Web

Website adalah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang memuat tentang berbagai informasi dan dapat dibaca atau dilihat oleh pengguna internet melalui browser yang ada di perangkat anda. Informasi yang dapat dimuat umumnya berisi seputar konten gambar, ilustrasi, video maupun text.

Umumnya untuk menampilkan website di browser, kita dapat mengakses dengan menuliskan URL ( Uniform Resource Locator) yaitu istilah lain untuk menyebut alamat website. Sebagai contoh untuk alamat website https://undagiwebsite.com. Jika di akses maka kita akan melihat home page dari Undagi Website. Di dalam website tersebut juga memuat beberapa halaman turunan yang saling terhubung satu sama lain.

Sejarah Web

Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee merupakan orang yang paling berjasa dalam penemuan internet dan benar-benar terhubung ke jaringan pada tahun 1991. Tujuan dari pembuatan website yaitu untuk mempermudah tukar menukar informasi dan memperbaharui informasi antara para ilmuan di tempat mereka bekerja. Dan pada tanggal 30 april 1993, CERN dimana tempat mereka bekerja mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh public.

Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individua tau menunjukan kepemilikan dari suatu organisasi atau perusahaan. Biasanya pembahasan dalam sebuah website merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus atau kepentingan tertentu.

Unsur-unsur Web

Dalam sebuah situs, ada 3 unsur penting yang terdapat didalamnya. Tanpa adanya unsur berikut ini, maka website anda tidak dapat diakses. Unsur yang dimaksud adalah:

  1. Domain adalah alamat sebuah situs web. Penggunaan nama domain yang menarik juga akan menjadi faktor membuat orang tertarik untuk mengunjungi website anda. Disarankan memilih nama domain yang unik dan mudah untuk diingat agar nantinya pengunjung mudah untuk mengunjungi Kembali website anda.
  2. Hosting merupakan tempat penyimpanan data dari sebuah website. Data yang disimpan di hosting antara lain script, gambar, video, text dan lain sebagainya yang diperlukan dalam membentuk website.
  3. Konten merupakan hal yang penting dalam sebuah website. Tanpa adanya konten dalam sebuah website, bisa dikatakan website tidak memiliki tujuan yang jelas dan orang tidak tertarik Kembali untuk mengunjungi website anda. Konten yang dimaksud dapat berupa teks, gambar maupun video.

Jenis-jenis Web

Secara garis besar website dapat digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Website statis adalah situs yang mempunyai halaman yang tidak berubah atau tidak dimaksudkan untuk perbaharuan secara berkala. Artinya untuk melakukan suatu perubahan pada suatu halaman, dapat dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari sebuah website.
  2. Website dinamis merupakan situs yang secara spesifik didesain untuk dapat diperbaharui secara berkala dengan mudah. Selain halaman utama atau front end yang umumnya dikunjungi oleh user, juga disediakan halaman untuk mengedit konten dari website tersebut atau sering juga disebut backend.
  3. Website interaktif adalah website dimana user bisa saling berinteraksi dan berargumen sesama user yang lainnya. Contoh dari website interaktif adalah blog dan forum.

Manfaat Web

Dikehidupan sehari-hari website sudah sangat familiar saat ini. tidak bisa dipungkiri, mengakses media social kita menggunakan website. Selain itu kita belanja online pun menggunakan website. Salain itu jika kita memerlukan informasi kita akan mencari di google yang tidak lain merupakan sebuah website.

Banyak manfaat lainnya yang didapatkan dari website. Berikut kami akan bahas manfaat dari website:

  1. Membangun personal Branding
  2. Membagi informasi secara real time
  3. Melakukan proses jual beli secara online
  4. Membagi dan mendapatkan ilmu secara online
  5. Sarana hiburan dan entertainment.
  6. Dan banyak lainnya.

Walaupun anda banyak manfaat dari adanya website, tetapi perlu juga diperhatikan bahwa banyak juga informasi yang tidak benar atau menyesatkan yang mungkin didapatkan. jadi gunakanlah situs tersebut dengan bijak.

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on tumblr
Tumblr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *