SSL merupakan singkatan dari Secure Sockets Layer. SSL pada website berfungsi untuk mengamankan informasi atau pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet. Apabila system keamanan ini ditambahkan dalam website anda, maka URL pada website akan berubah dari http menjadi https.

http dan https

Pada saat ini, sebenarnya SSL sudah tidak digunakan lagi dan sudah diganti dengan TLS yang merupakan singkatan dari Transport Layer Security yang berfungsi mengamankan privasi data.

Tapi kenapa istilah ini masih dugunakan?. Itu karena kebanyakan orang sudah terlalu familiar dengan istilah SSL, padahal pada dasarnya kini fitur enkripsi sudah sepenuhnya diambil alih oleh TLS.

Kedua istilah tersebut sama-sama berfungsi mengamankan proses transfer data di dalam website. Tapi teknologi dari TLS lebih baik karena perbaharuan dari system SSL.

Mengapa Perlu Menggunakan SSL/TLS?

 

Secara umum, yang kita ketahui fungsi SSL ialah untuk mengamankan proses pentransferan data di dalam website. Tetapi juga ada beberapa alasan kenapa kita perlu memasangkan SSL/TLS di dalam website kita.

  1. Menghindari Pencurian Data : Cara kerjanya yaitu dengan cara melakukan enkripsi atau pengacakan data sensitive. Jadi tidak sembarangan orang bisa membaca data yang anda kirimkan melalui website.
  2. Menghindarkan Salah Kirim Data : SSL/TLS juga berfungsi sebagai otentikasi (authentication). Maksudnya SSL/TLS akan memastikan anda akan mengirimkan data atau informasi ke server yang sesuai tujuan, bukannya mengirimkan data ke hacker atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Meningkatkan Reputasi Website : Jika anda membuka browser, website yang menggunakan SSL/TLS akan menunjukkan notifikasi tertentu. Misalnya di Internet Explorer kan tampil block warna hijau di address bar sedangkan Google Chrome dan Firefox, notifikasi berupa icon gembok pada address bar. Dengan adanya notifikasi ini, maka pengunjung website merasa yakin dan aman bertansaksi di website anda jadi anda akan meningkatkan reputasi dan kepercayaan terhadap pelanggan terutama website toko online yang biasanya memerlukan data pribadi sebagai validasi.
  4. Meningkatkan Ranking Website di Mesin Pencarian : Dengan memasang SSL/TLS, maka anda akan memungkinkan meningkatkan ranking website anda di mesin pencarian seperti Google. Algoritma google lebih menyukai website yang menggunakan sertifikat SSL/TLS. Ada sebuah riset membuktikan bahwa website dengan sertifikat SSL/TLS memiliki posisi yang lebih tinggi di mesin pencarian seperti Google.

Cara Kerja SSL/TLS

Cara kerjanya dengan menenkripsi saat proses pertukaran data terjadi seperti mengunjungi website, pengiriman dan penerimaan email, proses pembelian barang di toko online serta data-data sensitif lainnya sehingga tidak ada pihak ketiga atau oknum yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan data tersebut secara illegal.

Sertifikat SSL memiliki kombinasi, yaitu public key dan private key. Public key berfungsi mengenkripsi data yang dikirim sedangkan private key bertugas untuk mendeskripsi data ke format yang dapat digunakan Kembali ke penerima data.

Anda bisa mengetahui apakah suatu website menggunakan SSL atau tidaknya dari adanya notifikasi seperti ikon gembok atau bar hijau yang muncul di address bar browser. Ikon tersebut dapat di klik, sehingga anda bisa tahu siapa yang menyimpan informasi sertifikat dan juga untuk mengelola pengaturan SSL. Selain itu website yang sudah menggunakan SSL, URLnya akan berubah dari protocol HTTP menjadi HTTPS.

Kapan dan Mengapa Sertifikat SSL/TLS Harus Diaktifkan?

Setiap website diwajibkan pasang SSL/TLS kapan pun Ketika informasi sensitif, seperti username dan password, atau proses pembayaran, sedang ditransfer atau dipindahkan.

Sertifikat SSL/TLS bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hanya ada satu – orang yang dizinkan atau dapat mengakses data yang sedang dipindahkan.

Ada tiga alasan mengapa Anda harus mengaktifkan SSL/TLS di website anda:

  • Anda membutuhkan otentikasi : Server apa pun bisa berpura-pura menjadi server Anda, mencuri semua informasi yang dikirimkan lewat website Anda. Di sini, SSL/TLS memungkinkan Anda untuk menampilkan identitas server sehingga visitor atau klien bisa tahu siapa Anda.
  • Untuk mendapatkan kepercayaan : Jika anda adalah penjual online atau ecommerce yang dalam setiap transaksi memerlukan data penting dari user, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun kepercayaan ke klien bahwa aman bertransaksi di website anda. dengan Memasang SSL/TLS merupakan cara yang cukup efektif untuk menunjukkan pada semua visitor dan klien bahwa website Anda benar-benar aman dan bisa dipercaya.
  • Patuh dengan aturan yang ditetapkan : Di beberapa industri dan bidang, seperti keuangan, Anda diwajibkan untuk mengelola dan mempertahankan kemanan dasar. Selain itu, juga ada panduan Payment Card Industry (PCI) yang harus diikuti jika Anda ingin klien memasukkan informasi kartu kredit via website. Untuk itu, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah penggunaan sertifikat SSL/TLS.

Dengan menggunakan SSL/TLS memiliki banyak kelebihan. Selain itu SSL juga dapat digunakan di hampir semua perangkat sengingga sangatlah mungkin jika sertifikat ini dijadikan pilihan terbaik di website anda

Bagaimana Dampak SSL/TLS pada SEO

Pada tahun 2014, google mengubah algoritmanya untuk mengutamakan website yang menggunakan sertifikat SSL. Sejak saat itulah, banyak website yang menggunakan SSL.  Google juga menyatakan bahwa situs yang menggunakan SSL memiliki peringkat yang lebih baik dibandingkan situs yang tidak menggunakannya. Dari 40% pencarian, setidaknya ada satu situs dengan SSL yang muncul di halaman pertama.

Selain itu, kita juga harus tahu bahwa mesin pencari seperti Google menggunakan beragam metric untuk menentukan peringkat website. Salah satunya adalah seberapa sering user Kembali (bounce back) ke website anda dari mesin pencariannya. Mengaktifkan sertifikat SSL membuat perbedaan antara user yang langsung masuk ke website anda atau klik melalui mesin pencarian. Metric lain yang digunakan untuk memberi peringkat pada situs anda dapat dipengaruhi Ketika anda memilih untuk mengaktifkan SSL pada website anda.

Memasang SSL tentu berdampak pada performa website Anda di mesin pencari. Namun, ini bukanlah satu-satunya alasan mengapa Anda harus beli SSL. SSL juga bisa dimanfaatkan untuk meraih lebih banyak kepercayaan pelanggan dan meningkatkan SEO.

Bagaimana Hubungan SSL/TLS dengan HTTPS

Selama setup, Anda mengkonfigurasikan sertifikat SSL untuk mentransmisikan data menggunakan HTTPS. Dua teknologi ini saling membantu dan bekerja sama sehingga Anda tidak dapat menggunakan hanya salah satunya saja.

URL didahului dengan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) atau HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Dengan melihat gambar di bawah ini, Anda bisa tahu bagaimana suatu data yang dikirim dan diterima ditransmisikan.

ilustrasi http dan https

Cara lain untuk mengetahui apakah suatu situs menggunakan SSL atau tidak adalah dengan melihat URL, apakah di depannya tertulis HTTP atau HTTPS. Perlu Anda ingat lagi bahwa koneksi HTTPS membutuhkan sertifikat SSL agar dapat berfungsi.

Chrome Tahu Jika Website Menggunakan SSL/TLS atau Tidak

Browser yang popular dan banyak digunakan seperti Google Chrome, Firefox dan Internet Explorer akan menampilkan notifikasi aman atau tidaknya ketika user membua website melalui koneksi yang aman. Di Chrome akan muncul ikon gembok berwarna hijau di kolom address dan tepat di sampingnya terdapat pesan yang bertulisan “secure”. Dengan mengklik pesan tersebut, user bisa tahu secara lengkap tentang sertifikat SSL. Sedangkan Website yang tidak punya SSL/TLS akan diberi peringatan “not secure”.

ikon gembok hijau di chrome tanda website aman peringatan tidak aman di chrome berarti ssl tidak menggunakan ssl

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya ialah SSL berfungsi untuk menjamin visitor atau user hendak mengirimkan informasi sensitive dari dan ke server. Walaupun saat ini SSL sudah digantikan oleh TLS, tapi kebanyakan orang sudah terlalu familiar dengan istilah SSL. SSL akan mengenkripsi semua data yang ditransfer sehingga data tidak bisa di curi maupun di sadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab seperti Hacker dan Scammer.

Website yang menggunakan SSL dapat memungkinkan menghindari dari pencurian data oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Menghindari salah kirim, Meningkatkan reputasi / kepercayaan user serta meningkatkan ranking website di mesin mencarian.

Website yang menggunakan SSL/TLS bisa diketahui dari adanya ikon gembok hijau di kolom alamat browser. Klik ikon tersebut dan Anda bisa tahu secara jelas siapa pemegang sertifikat SSL tersebut.

Jadi memasang SSL pada website anda sangat dianjurkan, selain untuk menjamin keamanan website anda, juga bisa meningkatkan kepercayaan user saat menggunakan website kita dan dapat meningkatkan ranking di mesin pencarian.

 

 

 

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on tumblr
Tumblr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *